Home Ads

4.2.17

Mengenal Korea Selatan Lebih Dalam


K-wave melanda seluruh negeri. Negara dengan julukan negeri ginseng ini sekarang sedang popular dimana-mana. Negara yang dulunya tertutup ini sekarang berubah menjadi negara maju yang disejajarkan dengan Jepang dan Amerika. Tapi, mungkin orang lebih mengenal Korea Selatan (selanjutnya saya sebut dengan Korea) dari drama dan boyband/ girlbandnya. Karena terpesona oleh tampilan mereka di layar kaca, baik karena kemolekan pemain, alur cerita, teknologi, keindahan alam dan sebagainya , tidaklah mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk datang sekedar berwisata atau bahkan bermimpi tinggal di sana.
                Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui kalau masyarakat Korea
percaya bahwa mereka merupakan keturunan Dewa dan Beruang. Legenda ini diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Saat Korea menghadapi masa-masa sulit, cerita inilah yang menguatkan mereka. Keyakinan jika mereka adalah bangsa yang tekun dan sabar mampu mengubah wajah Korea hanya dalam kurun waktu kurang dari satu abad. Masyarakat Korea juga dikenal memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Tidak heran, memakai produk dalam negeri merupakan kebangaan bagi mereka.
                Meskipun memiliki percaya diri yang tinggi, orang Korea sangat streotipe dalam berpikir. Segala sesuatu sudah dikotak-kotakkan dan diletakkan pada tempatnya. Menjadi berbeda berarti menjadi wangta atau orang terbuang. Ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Contohnya dalam penampilan, biarpun fashionable, saat satu model sedang menjadi tren, semua pemuda akan berpenampilan sesuai dengan tren tersebut. Kalau pun ada perbedaan, itu sangatlah sedikit (halaman 25).
Jika diperhatikan, baik dalam drama ataupun kehidupan nyata, orang Korea sering bertanya “Apa kamu sudah makan?” (pabmeogeosseoyo?). Pertanyaan ini sebenarnya merupakan bentuk basa-basi yang bisa dijawab dengan anggukan kecil atau senyuman. Sapaan tersebut juga sama dengan “Hai, apa kabar?” atau “How are you?”. Lalu mengapa orang Korea sangat senang menggunakan kata makan sebagai bentuk sapaan?
                Kebiasaan ini tidak terlepas dari sejarah Korea. Pada tahun 1910 Korea yang tidak pernah dijajah akhirnya harus tunduk pada Jepang. Seperti halnya Indonesia, Korea mengalami pendudukan Jepang selama 35 tahun. Pada tahun 1945, saat Jepang dipaksa menyerah pada sekutu, Indonesia dan Korea menjadi negara merdeka. Tapi Korea tidak serta merta bisa membangun negaranya karena mereka harus berhadapan lagi dengan perang saudara pada tahun 1950 yang memisahkan negara itu menjadi utara dan selatan. Keadaan sesudah perang membawa Korea pada kemelaratan. Bisa makan nasi sudah merupakan kemewahan. Makan sekali sehari itu sudah beruntung. Oleh karena itu, adalah sopan dan menunjukkan kepedulian jika bertemu dengan seseorang dan bertanya apakah orang itu sudah makan. Kebiasaan itu masih terbawa sampai sekarang meskipun di tengah kelimpahan dan kemajuan ekonomi orang bisa makan apa saja yang mereka mau (halaman 35-36).
                Berbicara mengenai sejarah, Korea memiliki sejumlah objek wisata yang sangat menarik dan menjadi top five yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Korea yaitu Gyeongbokgung, Nami Island, DMZ, Hangang Bridge dan Gyeongju. Gyeongbokgung, istana yang memiliki seribu kisah, film-film kerajaan biasanya mengambil lokasi syuting di sini. Nami Island yang dipercaya oleh masyarakat merupakan kuburan dari seorang jenderal, pulau ini juga merupakan tempat pembuatan drama Winter Sonata. Hangang Bridge merupakan saksi bisu perang sauara antara Korea Utara dan Korea Selatan tahun 1950 yang menewaskan ribuan orang. DMZ merupakan wilayah perbatasan Korea Utara dan Selatan dan disebut sebagai “daerah yang paling berbahaya di dunia”. Gyeongju, peninggalan sejarah yang berusia lebih dari 2000 tahun, yang dulunya merupakan ibu kota kerajaan Shilla kuno. (Kalau ada yang pernah nonton drama Queen Seondeok (2009) atau yang terbaru Goblin (2017), pasti nama Shilla tidak asing).
                Selain tempat bersejarah, Korea juga memiliki tempat dengan Panorama yang indah serta objek wisata yang terbentuk dari keajaiban alam. Tempat apa yang menjadi top five? bisa dibaca sendiri di buku A to Z Korea yang ditulis oleh Nancy Dinar.
⚛⚛⚛
                Secara keseluruhan, saya sangat menikmati membaca buku ini. Berpuluh-puluh halaman bisa saya lahap tanpa saya sadari. Buku ini tidak seperti buku-buku wisata lainnya yang hanya mengungkap lokasi wisata menarik. Tetapi, mengupas Korea dari kulit sampai isinya. Saya yang menyukai sejarah, juga terpuaskan dengan penjelasan yang diberikan di beberapa bagian sehingga pembaca bisa lebih memahami gambaran masyarakat Korea secara utuh. Pengalaman 12 tahun tinggal di Korea menjadi kekuatan dan kelebihan Nancy dalam menulis buku ini.
                Tidak seperti buku Wisata Hemat Sydney dan Blue Mountains, Nancy melakukan promosi dengan sangat elegan. Promosi diselipkan sebagai suatu fakta yang memang sewajarnya disampaikan. Saya tidak akan menyadarinya, jika tidak membaca profil penulis.
Setiap uraian di buku ini diperkuat dengan gambar. Sayangnya, penulis tidak memberikan keterangan di bawah gambar tersebut. Di beberapa bagian juga masih ada kesalahan penulisan meskipun tidak banyak.
Saya merekomendasikan A to Z Korea untuk siapa saja yang ingin memahami Korea lebih mendalam atau bagi mereka yang hanya sekedar ingin berwisata. 4,5 dari 5 bintang untuk buku yang luar biasa ini.

Detail Buku
Judul : Korea A to Z
Penulis : Nancy Dinar
Halaman : 188 halaman
Cetakan : April 2013
ISBN : 9789792294354
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama



5 komentar:

  1. oh buku toh , wah baca juga kayak kita pergi ke sana sambil berimajinasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak buku. Belum dapat rezeki untuk ke sana. Jadi, yaa baca dan berimajinasi dulu untuk bekal. Siapa tahu ntar ada yang bayarin #maunyaaa hehe :-D

      Hapus
  2. Jadi tahu ya Korea itu gimana, mdh2an suatu hari bisa baca juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, serasa mengenal Korea dari dalam, lebih ngerti kondisi negara dan orangnya :-D

      Hapus
  3. Cocok nih buat adik saya yang K-Poper dan drakor lover :)

    BalasHapus

Komentar yang teman tinggalkan sangat berharga bagi saya. Terima kasih telah berkunjung dan berkenan meninggalkan jejak ^ ^

FlatBook

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.




Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *