Home Ads

7.1.17

[Review] Travel Hemat ke Sydney dan Blue Mountains



Berwisata ke luar negeri dengan bujet hemat merupakan incaran para traveler. Terutama traveler dengan ‘kategori’ backpaker yang punya prinsip biaya mini, fasilitas maksi. Meskipun, memang untuk segala sesuatunya ada harga ada kualitas. Paling tidak, biaya yang sebenarnya tidak perlu dikeluarkan bisa tetap aman dikantong untuk keperluan yang benar-benar penting.
Sesuai judulnya, buku Travel Hemat ke Sydney dan Blue Montains ini memuat panduan untuk para traveler yang ingin berwisata ke Sydney dan Blue Montains. Buku ini terbagi ke dalam 7 bab.

Bab pertama berisi fakta penting
tentang Sydney seperti Kode negara, jam kerja, sistem kelistrikan, alamat kedutaan besar dan konsulat jenderal, nomor telepon darurat dan informasi-informasi penting lainnya. Informasi yang disampaikan mungkin terlihat ‘sepele’ tapi sangat penting untuk diketahui oleh traveler. Jangan sampai hal-hal kecil yang luput dari perhatian menyebabkan rencana perjalanan kacau. Misalnya, jika di Indonesia colokan listriknya terdiri dari dua lubang, lain halnya dengan di Australia yang  colokan listriknya ada tiga. Tegangan listriknya pun 200-240 volt 50 kHz. Makanya, adaptor perlu dibawa supaya semua alat listrik bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Bab kedua menguraikan persiapan perjalanan yang semestinya dilakukan oleh traveler. Pengetahuan seperti mata uang dan pilihan ‘pembayaran’ yang bisa dilakukan agar aman dan nyaman. Musim dan suhu udara Australia ketika merencanakan perjalanan agar tidak salah kostum. Bagaimana apply Visa dan Paspor pun tidak ketinggalan dijelaskan oleh penulis. Informasi menarik dalam bab ini yang saya dapatkan, ternyata untuk mengajukan permohonan Visa Australia bisa melalui Pos jika kita berdomisili di luar daerah Jakarta dan Bali.

Bab Ketiga menjelaskan pilihan transportasi yang bisa digunakan oleh traveler untuk menuju ke Sydney dan transportasi dalam kota Sydney. Dari Bandara Sydney Kingsford Smith ke pusat kota Sydney, traveler bisa menggunakan berbagai pilihan moda transportasi seperti kereta api, bus, taksi dan shuttle van. Sedangkan untuk transportasi dalam kota Sydney, traveler bisa menggunakan Free Sydney CBD Shuttle Bus. Sesuai namanya bus ini gratis dan beroperasi setiap 10 menit. Tetapi, bus ini mempunyai rute terbatas, hanya di wilayah Central Business District (CBD)  saja. Untuk ke pelosok kota Sydney traveler bisa menggunakan bus kota yang tentunya berbayar. Pilihan transportasi lainnya adalah Kapal Feri, City Rail, Metro Light Rail, Water Taxi, Taksi, City Explorer & Bondi Explorer Bus.

Bab keempat berisi informasi yang ‘mungkin’ paling menarik untuk pembaca, tempat wisata di Sydney. Ketika menyebutkan kota Sydney, mungkin yang terlintas adalah Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Ternyata, kota Sydney punya banyak tempat wisata menarik lainnya. Di dalam buku ini setidaknya disebutkan beberapa tempat wisata menarik yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya, Art Gallery of New South Wales yang merupakan galeri-galeri dari para seniman Australia. Chinese Garden, taman bernuansa khas oriental yang konon terbesar di luar daratan China (hal.102). IMAX Theatre Sydney, dengan teknologi IMAX, penonton seolah-olah tengah ikut terlibat dalam film yang sedang diputar (hal.107). Atau Susannah Place Museum, museum yang menggambarkan kehdupan rakyat jelata di kota Sydney pada 1840-1900an.

Bab kelima, The Blue Mountains. Sebagaimana pada bab Sydney, pada bab ini penulis menjelaskan pengetahuan sekilas mengenai blue mountains, bagaimana cara menuju ke Blue Mountains dan atraksi apa saja yang menarik di sana. Selain itu, penulis juga menambahkan kota-kota menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Blue Mountains. Salah satunya Leura, kota kecil yang terkenal dengan keindahan taman-tamannya, deretan bangunan tua yang terawat dengan baik dan berbagai kafe dan restoran. Area jalan utama di Leura (Leura Mall) dinobatkan sebagai “urban conservation area” oleh The National Trust.

Bab keenam, penulis memberikan rencana perjalanan di Sydney yang bisa dilakukan traveler selama 5 hari penuh. Sedangkan Bab ketujuh berisi perhitungan biaya perjalanan yang kira-kira akan dikeluarkan untuk melakukan wisata ini.

Bagi saya yang bukan traveler, saya sangat menikmati membaca buku ini. Penjelasan yang diberikan bisa dikatakan lengkap dan rinci. Penulis juga secara jujur menyebutkan daerah-daerah rawan terjadinya kejahatan. Untuk traveler yang ‘hanya’ sekali melakukan perjalanan ke Sydney mungkin tidak akan mengetahui hal sedetail ini. Jadi, bsa dilihat kalau penulis merupakan orang yang memang sudah berpengalaman.

Satu yang membuat kenikmatan membaca saya berkurang. Penulis mempromosikan websitenya terlalu kentara. Memang sih, tidak ada yang melarang penulis melakukan promosi, hak penulis mau menullis apa saja di bukunya. Tetapi, alangkah bagusnya jika promosi dilakukan lebih smooth dan elegan seperti ddalam buku Make It Happen. Karena mengetahui besarnya manfaat merencanakan keuangan, pembaca yang merasa membutuhkan perencana keuangan akan langsung teringat pada perusahaan yang dipimpin oleh penulis. Padahal dalam bukunya, penulis tidak banyak menyebutkan perusahannya.

Secara keseluruhan, buku ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin merencanakan wisata ke Sydney dan Blue Mountains. 4 bintang untuk manfaatnya dan -1 untuk promosi yang kurang elegan.

Detail Buku:
Judul : Wisata Hemat Australia Sydney dan Blue Mountains
Penulis : Agung Basuki
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 220 halaman 
Cetakan : I, 2013
ISBN : 9786020222417
Harga : Rp. 63.340, -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang teman tinggalkan sangat berharga bagi saya. Terima kasih telah berkunjung dan berkenan meninggalkan jejak ^ ^

FlatBook

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.




Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *